TALES OF A MERE CREATION WHO TRIES TO WALK TOWARD ITS TRUE SELF - HUMANITY IS ALWAYS ON JOURNEY

Senin, 26 September 2011

Situs Jejaring Sosial: Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat?

Kata facebook atau twitter sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan kita, terutama di kalangan mahasiswa maupun kawula muda. Tidak jarang pula orang – orang dewasa mengenal keduanya. Situs jejaring sosial, inilah sebutan bagi jenis situs internet yang menawarkan jasa komunikasi dan perkenalan antar manusia di dunia maya, termasuk situs facebook dan twitter tadi. Tidak hanya sekedar dialog antar personal seperti pada aplikasi chatting, situs jejaring sosial memungkinkan kita membagikan informasi tentang diri kita, kegiatan kita, kesukaan kita, hingga makanan favorit kita. Lebih dari itu, situs jejaring sosial memungkinkan kita berkenalan dengan teman – teman baru yang mungkin secara fisik tidak dapat kita temui karena berlainan kota atau negara. Situs jejaring sosial benar – benar suatu terobosan yang penting di era informasi saat ini.

Pengguna situs jejaring sosial mencakup berbagai kalangan. Asalkan dapat mengakses internet, orang akan dapat dengan mudah mengakses situs ini. Tentu saja, mempergunakan situs ini menuntut tingkat kedewasaan yang cukup, sehingga situs – situs semacam ini biasanya memberikan persyaratan umur untuk dapat mendaftar sebagai anggotanya. Meskipun demikian, persyaratan ini akan mudah dilewati dengan “memalsukan” umur saat mendaftar. Karenanya, dapat dikatakan bahwa situs – situs semacam ini dapat dipergunakan oleh siapapun yang dapat mengakses internet.

Banyak hal positif yang dapat diperoleh dari situs jenis ini. Situs ini dapat dipakai sebagai sarana memawarkan barang dagangan secara mudah dan murah. Selain itu, pengguna dapat memakai ini sebagai sumber informasi tentang peristiwa yang sedang hangat meskipun informasi yang tersedia tidak sebanyak situs berita ataupun situs berbasis forum. Fungsi lainnya adalah hiburan bagi para pengguna, baik melalui permainan yang tersedia maupun sekedar update status dan melihat – lihat profil teman. Fungsi yang paling penting dan menjadi tujuan situs jenis ini adalah kita dapat mengenal orang – orang yang jaraknya berjauhan dari kita, sekaligus memperdalam hubungan dengan orang – orang di sekitar kita melalui dunia maya. Situs jejaring sosial akan mendekatkan yang jauh kepada kita.

Meskipun demikian, tampaknya tidak sedikit pula dampak negatif dari pemakaian situs jejaring sosial. Beberapa kasus penculikan yang berawal dari perkenalan di dalam situs nyatanya pernah terjadi. Pernah pula terkuak kasus prostitusi melalui situs ini. Dampak yang sering meresahkan banyak pihak adalah kecanduan menggunakan situs ini. Dengan berjam- jam mengunjungi situs ini, produktifitas pengguna akan relatif menurun. Kebanyakan perusahaan dan instansi pendidikan akan melarang akses ke situs ini pada jam produktif. Dampak negatif lainnya pengguna yang kecanduan cenderung terputus aksesnya dari dunia nyata. Tidak sedikit pengguna tiap beberapa menit mengunjungi situs melalui ponsel untuk meng-update status-nya. Saat – saat berkumpul bersama teman untuk bercengkrama seringkali justru menjadi saat yang hening karena tiap orang sibuk dengan ponselnya sendiri, seperti berlomba mengganti status mereka. Situs jejaring sosial menjauhkan yang dekat dari kita.

Situs jejaring sosial telah menjadi suatu bagian yang penting dalam kehidupan kita. Situs jejaring sosial dapat memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Tentu saja, adanya dampak negatif dari penggunaannya tidak bisa dipungkiri. Semua kembali kepada kita sebagai pengguna untuk mempergunakan situs – situs ini dengan baik untuk membangun diri kita dan senantiasa menghindari dampak buruk yang dapat mempengaruhi kita. Mari membangun Indonesia yang lebih maju melalui penggunaan situs jejaring sosial dengan bijaksana.

Download this article here

2 komentar:

kangdede mengatakan...

kita hati kita sudah beralih pada dunia maya maka menyindir adalah juaranya.

kenapa menyindir? karena kitatidak bisa bertemu secara fisik dengan mereka, sehingga menyindir adalah jawabannya

Jaxo Leingod mengatakan...

Betul sekali kang. Bahkan kadang kalau sudah parah sindir2annya sampai (seolah2) memutuskan tali persahabatan seperti yang akang dan saya sudah rasakan. Lol. XD

Posting Komentar

change post's font color

 
Sign In | BloggerThemes | About Me | Contact Me | Help | Usage Rights

Copyright © 2011 THE WAY TO THE DAWN by Jaxo Leingod
Designed by Templatemo | Converted to blogger by BloggerThemes.Net